Laporan Praktikum 2
LAPORAN PRAKTIKUM II
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Disusun oleh: Ridwan 21330040
PROGRAM
STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA
2021
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ii
1.
PERSIAPAN............................................................................................................................. 1
a.
Perangkat Lunak................................................................................................................. 1
2.
DASAR TEORI....................................................................................................................... 1
a.
MemulaiMenggunakan Excel............................................................................................. 1
b.
Excel Workspace................................................................................................................. 2
c.
The Ribbon........................................................................................................................... 3
d.
Menjelajah buku Kerja Menggunakan Mouse.................................................................. 3
e.
Menjelajah Mengunakan Keyboard................................................................................... 4
f.
Bekerja Dengan Angka dan Data...................................................................................... 4
g.
Menggunakan formula
dan Fungsi.................................................................................... 5
h.
Memaksimalkan Help......................................................................................................... 7
i.
Print,Save,Publish Workbook............................................................................................ 7
j.
Informasi Dasar.................................................................................................................. 8
PELAKSANAAN PRAKTIKUM........................................................................ 9
PENDAHULUAN
1. Persiapan
a. Perangkat Lunak
· Microsoft Exel
2. Dasar Teori
a.
Memulai Menggunakan
Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi
lembaran yang memiliki fitur menghitung, membuat gambar, pivot, tabel, bagan, dan program macro. Semua aplikasi
Office dapat ditemukan melalui menu
Start Windows. Excel juga dapat ditemukan dalam folder Microsoft Office pada menu Start Windows. Ada beberapa
cara untuk menjalankan aplikasi Excel. Cara paling
umum dan mudah adalah melalui menu Start Windows: 1. Klik tombol menu Windows pada taskbar untuk membuka menu.
2. Di bawah menu terdapat fungsi pencari. Ketik Excel
lalu klik search.
Hasil pencarian akan menunjukkan Excel dan aplikasi
terkait lainnya. Klik Excel untuk menjalankan aplikasi.
b.
Excel Workspace
Workspace untuk Microsoft Excel tampak cukup rumit untuk pemula,
tetapi sesungguhnya didesain agar mudah
dipahami. Untuk menguasai workspace, harus diaplikasikan
pengetahuan dan waktu untuk menggunakannya. Gambar di bawah menunjukkan dan menerangkan fungsi
yang paling sering digunakan pada workspace.
Colomn Letters Huruf ini menunjukkan kolom yang spesifik.
Huruf ini dimulai
dari
A – XFD atau total 16.384 kolom.
File Name and Title
Bar Menampilkan nama file dan aplikasi.
Formula Bar Ketika memasukkan formula atau informasi ke dalam cell akan
muncul pada baris
ini.
Horizontal Scroll
Button Gunakan alat ini untuk
menggulir lembaran secara
horizontal.
Menu Tabs Pilih tab yang sesuai untuk menampilkan menu yang relevan.
Minimize Ribbon Tombol ini menyembunyikan
ribbon.
Page View Bottons Mengganti cara worksheet ditunjukkan.
Row Numbers Setiap baris memilik nomor unik dimulai dari 1
– 1,048,576.
Insert Worksheet
Button
Tombol ini memasukkan lembar kerja baru ke dalam buku kerja.
Sheet Tab Scroll Button Scroll bar ini digunakan
untuk menggerakkan lembaran
ke atas
dank e bawah secara
vertical.
c. The Ribbon
Perintah dan fungsi
yang tersedia pada ribbon digolongkan ke dalam tabulasi berikut:
Insert Tab ini mengandung semua perintah untuk memasukkan sesuatu
ke
dalam lembar kerja seperti
bentuk, gambar, smart-art, bagan, dan lain-
lain.
Formulas Gunakan tab ini untuk memasukkan formula dan fungsi.
Review Area ini difokuskan untuk menyunting fungsi
seperti pengejaan,
thesaurus, comments,
dan proteksi.
d. Menjelajah Buku Kerja
Menggunakan Mouse
Mouse mengoperasikan sebuah pointer
pada layar. Untuk mengaktifkan sebuah cell,
gerakkan pointer ke cell dan klik sekali menggunakan tombol mouse kiri. Untuk memilih serangkaian dari cell, klik dan
tahan cell aktif menggunakan tombol mouse kiri. Lalu gerakkan ke arah cell yang dipilih. Untuk menyalin secara
cepat satu cell ke sell lainnya, pada
cell aktif yang ingin di-copy, klik dan tahan ke pojok kanan bawah dari cell lalu seret secara vertical atau
horizontal. Gulir mouse akan menggulur lembaran ke atas atau ke bawah tergantung gerakan. Ketika dihadapkan dengan
banyak informasi, gulir mouse dapat
menghemat waktu, klik dan tahan gulir mouse untuk bergerak ke arah mana pun pada ruang kerja. Untuk menggulur ke sekeliling layar,
dapat digunakan bar gulir pada kiri
jendela atau pada bawah jendela. Tombol mouse kanan pada Excel membuka jendela kecil dengan perintah format dan edit
dasar seperti yang ditunjukkan pada gambar di
sebelah kiri.
e. Menjelajah Menggunakan Keyboard
Down Arrow
(↓) Menggerakkan cell
yang aktif ke bawah satu baris.
Right
Arrow (→) or Tab Menggerakkan cell yang
aktif satu kolom ke kanan.
Page
Down Menggerakkan cell yang
aktif ke bawah
satu layar.
Alt+Page Up Menggerakkan cell yang
aktif ke kiri satu layar.
↑a Menggulir layar ke atas satu baris (Cell yang aktif tidak berubah).
←a Menggulir layar ke kiri satu baris (Cell yang aktif tidak berubah).
Crtl+Home Menggerakkan cell yang
aktif ke A1.
Untuk daftar perintah
atas perintah shortcut
menggunakan keyboard dapat dilihat pada menu help office. Berikut adalah perintah shortcut yang paling sering
digunakan. Anda juga dapat
mengakses ribbon melalui keyboard
menggunakan tombol “Alt” dan menekan tombol yang bersangkutan.
Ctrl+V Menempelkan file yang
disalin
terakhir.
f.
Bekerja Dengan Angka
dan Data
Sebuah cell Excel hanya
dapat memuat data-data sebagai berikut:
1. Nilai
angka menunjukkan sebuah kuantitas beberapa tipe (angka, mata uang, berat, tanggal,
dan waktu). Jumlah
angka maksimum adalah
15 digit. Batasan
jumlah angka positif terbesar: 9.9E+307, angka negatif
terkecil: -9.9E+307, angka positif terkecil:
1E-307, angka negatif terkecil: -1E-307.
2. Nilai
Alphanumerical Text menunjukkan gabungan karakter alphanumerical yang tidak dapat
digunakan dalam perhitungan.
3. Formula atau fungsi menunjukkan ekspresi matematika atau fungsi yang dapat dijalankan dengan Excel. Sebagai
contoh “=A2+A3” or
“=if(A2=1,1,0)
Untuk memasukkan nilai angka atau nilai text, gerakkan
pointer ke cell dan buat cell tersebut aktif dengan klik.
Lalu ketik langsung nilai
yang ingin dimasukkan ke dalam
cell.
Nilai yang diletakkan dalam cell akan muncul pada formula bar. Jika perlu menyunting data, klik formula bar dari
cell yang aktif dan mengubah data tersebut. Nilai
numerical memiliki format angka yang merepresantasikan tipe-tipe yang berbeda dari nilai. Untuk mengubah format klik
cell lalu pilih format yang diinginkan melalui
ribbon.
g. Menggunakan Formula dan Fungsi
Sebuah formula hanya dapat mengandung elemen-elemen berikut dan dimulai
dengan “=”:
1. Operator matematika, Eg + (untuk penjumlahan) and * (untuk
perkalian).
2. Referensi cell (termasuk
cell yang memiliki
nama dan ranges).
3. Nilai atau text.
4. Fungsi lembar
kera (seperti Penjumlahan atau Rata-Rata).
Operator |
Name |
Common Operators in Formula Example |
Precedence |
^ |
Pangkat |
=6^3 hasilnya adalah
216 |
1 |
* |
Perkalian |
=2*2 hasilnya adalah
4 |
2 |
/ |
Pembagian |
=100/5 hasilnya adalah
20 |
2 |
+ |
Penjumlahan |
= 2+3 hasilnya adalah
5 |
3 |
- |
Pengurangan |
=100-30 hasilnya adalah 70 |
3 |
& |
Rentetan |
=”Part-“&”23A” hasilnya adalah
Part-23A |
4 |
= |
Sama dengan |
Menampilkan “True” jika sama
dengan dan “False” sebaliknya. |
5 |
< |
Lebih kecil dari |
Menampilkan “True”
lebih kecil dan
“False” sebaliknya. |
5 |
> |
Lebih besar
dari |
Menampilkan “True” lebih besar dan “False” sebaliknya. |
5 |
>= |
Lebih besar atau sama dengan |
Menampilkan “True” lebih besar
atau sama dengan dan“False” sebaliknya. |
5 |
<= |
Lebih kecil atau sama dengan |
Menampilkan “True” jika lebih kecil atau sama dengan dan “False”
sebaliknya. |
5 |
<> |
Tidak sama dengan |
Menampilkan “True” jika tidak sama dengan dan “False” sebaliknya. |
5 |
Pada formula terdapat urutan dalam menjalankannya.
Urutan tersebut didasarkan pada
aturan matematika. Pada tabel tersebut ditunjukkan urutan beberapa operator
yang sering digunakan. Untuk mengilustrasikannya, beberapa
contoh sampel ini akan menunjukkan bagaimana urutan
diaplikasikan:
=B2-B3*B4 (B2, B3, B4
menunjukkan nilai pada cell yang
bersangkutan, B2 =10, B3 = 2, B4 = 2).
Pada kasus ini maka B3*B4 akan dihitung terlebih dahulu,
2*2=4, lalu hasilnya akan digunakan
untuk menghitung sisanya,
10-4=6. Jika ingin menghitung
B2-B3 terlebih dahulu baru dikalikan
dengan B4 maka kita harus menggunakan tanda kurung. Formula tersebut akan ditulis
sepertiberikut:
=(B2-B3)*B4
Semua yang ada dalam kurung dihitung terlebih dahulu,
dapat menggunakan berbagai kombinasi atas tanda kurung
untuk menghasilkan hasil yang ingin dicapai.
Level selanjutnya dari formula adalah fungsi. Semua
dibangun pada fungsi yang menunjukkan
banyak formula yang sederhana atau pun kompleks. Fungsi-fungsi ini dikategorikan dalam area yang berbeda
seperti financial, logical, text, date & time, lookup & reference, math & trig, statistics, engineering, cube, information, dan compability.
Fungsi dalam Excel memiliki petunjuk
untuk membantu pengguna
mengidentifikasi komponen yang diperlukan. Untuk mengilustrasikan, ambil
contoh fungsi paling sederhana
seperti “Sum if”. Fungsi ini hanya
akan menjumlah sebuah rangkaian dari cell jika cell tersebut memenuhi kriteria tertentu. Untuk memulai, pilih formula dari ribbon lalu klik
tombol . Layar Function Argument akan muncul. Seperti yang dapat dilihat,
komponen formula dimunculkan. Pada contoh, hanya terdapat
tiga komponen; range, criteria, dan sum range. Klik pada kotak input,
sebuah definisi dari komponen akan keluar.
Jika membutuhkan bantuan
fungsi ini, klik “Help on this Function” untuk membuka
menu help dan belajar lebih banyak
tentang fungsi ini dan bagaimana cara menggunakannya.
Fitur help ini akan menjadi sangat
penting untuk pengguna lanjutan Excel karena ini merupakan sumber
informasi yang berguna untuk mencapai suatu hasil.
h. Memaksimalkan Help
Pada Excel 2016,
fungsi help telah terintregasi dengan
internet dan diperkuat dengan bing.
Ketika melakukan pencarian atas topik tertentu akan diberikan pilihan, jika terhubung dengan internet akan
diberikan referensi ke http://www.office.com atau
situs lainnya. Referensi ini merupakan artikel, video, atau files. Jika tidak memiliki akses internet maka help hanya akan mencari database
yang tersimpan pada pc atau laptop.
Ketika mencoba suatu fungsi atau mencoba untuk mencapai sesuatu, pastikan mencari
pada help untuk mendapat informasi yang diperlukan.
i. Print,Save, Publish
Workbooks
Untuk mencetak sebuah buku kerja, harus memiliki printer yang telah diinstal. Untuk mengecek apakah memiliki printer yang terinstal dan apakah printer tersebut dapat digunakan klik File Tab dan pilih Print,
klik Printer.
Jika memiliki lebih dari satu printer terpasang, maka daftar printer akan ditunjukkan pada status mereka.
Hanya printerdengan status ready yang dapat digunakan.
Setelah memilih printer, maka siap untuk memodifikasi pengaturannya. Pengaturan pertama adalah dengan mengonfirmasi ukuran kertas. dapat dimulai mengganti
pengaturan yang relevan. Sering kali tidak diperlukan untuk mengganti
pengaturan kecuali memiliki kebutuhan
khusus. Pada tampilan ini, dapat
dilihat print preview pada
sisi kanan. Tampilan
ini sama dengan apa yang akan dicetak
oleh printer. Untuk mencetak dokumen, klik tombol print pada
sisi kiri atas.
Untuk menyimpan buku kerja, klik floppy disk icon. Jendela “Save As” akan muncul. Pada jendela ini harus dipilih
file yang akan disimpan
dan nama yang ingin diberikan
pada file. Jika sudah menyimpan file
sebelumnya, klik Save. maka file akan tersimpan secara otomatis
dari posisi terakhir. Jika ingin menyimpan file
dengan format lain selain Excel 2016,
dapat dipilih format dengan cara
klik kotak pilihan berjudul Save as type. Fungsi ini membantu untuk mengedarkan buku kerja menjadi
format lain. Seperti,
pdf, xml, csv, dan xps.
Setelah memilih format dan klik save, file akan otomatis terbuka.
j.
Informasi Dasar
Jika anda memutuskan untuk membuat salinan dari sebuah buku
baru atau ke dalam buku baru yang
sama akan sangat bijak jika menyimpan file
tersebut supaya tidak kehilangan
perubahan yang sudah dibuat. Semakin sering menyimpan file, semakin kecil kemungkinan
kehilangan data. Tidak menyimpan pekerjaan adalah kesalahan paling umum. Hal pertama
yang dilakukan dengan
data adalah dengan
memahami yang dimiliki
PELAKSANAAN PRAKTIKUM
·
Membuat Buku
Kerja Baru
Ketika membuka
aplikasi Excel, sebuah lembar kerja
kosong akan secara otomatis dimunculkan. Jika menginginkan untuk membuka lembar
kerja baru atau mengunakan contoh
yang tersedia, perlu dilakukan
langkah berikut:
1.
Klik Tab File
pada pojok kiri atas.
2. Pilih
tombol New di bawah.
3.
Akan
diberikan pilihan untuk menggunakan blank
workbook, atau menggunakan sampel contoh.
4.
Setelah menentukan pilihan, Excel akan
membuka buku kerja
yang dipilih.
*Catatan: Untuk membuka file yang sudah tersedia, klik open
dan semua jendela akan dibuka untuk dipilih
directory dan file yang ingin
dibuka.
Ketika Excel terinstall
pada komputer, Excel sudah dilengkapi
dengan beberapa contoh. Pada diagram
di sebelah kanan, dapat dilihat beberapa dari katogeri contoh. Jika memiliki
akses internet sambil memilih contoh
di sini, Excel akan secara otomatis
memberikan akses kepada contoh yang disimpan secara online.
*Catatan: Buku kerja kosong dapat
dibuat dengan menekan
CTRL+N.
·
Mengubah Data Menjadi Informasi
Untuk membantu menggunakan Microsoft
Excel, Word, dan PowerPoint, diciptakan skenario fiktif
dan perusahaan bernama
Action Pty Ltd. Pada perusahaan ini, anda adalah
seorang Product
Manager untuk produk “Office 2016”. Pekerjaan anda adalah mengumpulkan data penjualan produk dan menyediakan
laporan detail dan presentasi atas performa dari produk ke Direktur Pemasaran. Departemen Akuntansi telah
mengirim anda email dengan data
penjualan mentah bernama “Raw Data.xlsx”. Untuk memulai, mari kita buka Raw Data.xlsx.
1. Klik
File Tab lalu pilih pilihan Open. Ini akan membuka sebuah
window bernama open.
2. File akan berada pada desktop anda.
Pada kiri dari jendela dibawah favourites pilh Desktop/ Scroll ke bawah sampai anda menemukan file Raw Data.xlsx. Klik
file dan klik tombol Open untuk membuka
file tersebut pada Excel.
Pada
buku kerja, akan dilihat dua worksheet, Sales dan Accounting. Lembar kerja sales menampilkan data penjualan mentah.
Pada lembar Accounting, ditampilkan data mentah
departemen akuntansi. Untuk memulai mengubah data menjadi informasi, terdapat dua pilihan; data mentah dipisahkan dari
apa yang dikerjakan. Sehingga jika secara tidak sengaja mengganti data mentah pada buku kerja, dapat didapatkan
kembali dari file orisinil. Untuk
melakukan ini terdapat banyak pilihan, dapat menggunakan fungsi “save as” untuk meyimpan data sebagai WorkingData.xlsx,
atau membuar salinan sebuah buku kosong atau
membuat salinan ke dalam
lembaran baru:
1. Pada
lembaran bernama Sales, klik kanan.
Ini akan memunculkan sebuah sub menu.
2. Pilih “Move or Copy” Ini akan membuka
jendela Move or Copy.
3. Jika
ingin menyalin lembaran,
klik kotak Create a Copy.
4. Pada tahap ini, dapat memilih untuk
membuat salinan pada lembar yang sama atau pada buku kerja baru. Jika ingin meyalin dalam buku sama, pilih
tempat peletakannya. Jika memilih sales, dibuat
salinan di depan sales.
5. Jika ingin menyalin pada buku kerja
baru. Klik kotak pilihan dan pilih New Book. Ini akan memunculkan buku baru dengan salinan
lembar kerja yang telah dipilih
sebelumnya
· Informasi Dasar
1. Pasar mana yang menjual produk kita?
2. Siapakah partner
kita?
3. Berapa bulan atas data yang kita miliki?
Untuk menjawab
pertanyaan tadi, dapat
menggunakan fungsi filter:
1. Pada ujung dari data sales yang merupakan judul kolom, dengan
mouse blok semua.
2. Lalu
pada ribbon pilih Tab Data. Pada tab klik tombol Filter. Ketika melakukan ini, dapat
dilihat bahwa pada judul
memilki kotak pilihan pada cell.
3.
Untuk menjawab pertanyaan pertama
klik lokasi dari panah kotak pilihan. Ketika
klik, pilihan akan muncul dengan segala informasi di kolom tersebut.
Seperti yang dilihat, hanya
ada lima pilihan lokasi. Canada, France, Germany, Mexico,USA.
4. Klik kotak pilihan Segment,
maka dapat dilihat
bahwa terdapat tiga partner;Chanel Partner, Enterprise,Government,Midmarket,Small Bussines.
5.
Klik kotak
pilihan bulan, maka dapat dilihat terdapat 12 bulan.
6. Untuk menghapus filter, blok kolom judul dan
klik tombol filter.
Jika variasi data kecil, dapat
menggunakan trik ini untuk mengidentifikasi data secara cepat. Tetapi jika memiliki data banyak dan bervariasi,
gunakan fungsi Remove Duplicates
dengan cara blok seluruh kolom dibawah lokasi. Lalu klik tombol Remove Duplicates. Fungsi ini akan menghapus seluruh
duplikat dan meninggalkan satu salinan dari setiap
data.
*Catatan: Jika ingin blok banyak
data berkesinambungan secara cepat,
klik data paling atas dibawah
kolom judul. Lalu sambil menahan tombol shift tekan tombol end pada keyboard
dan tombol bawah. Ini akan
blok semua dari atas ke
bawah.
Sekarang
dapat dimengerti kepada siapa menjual
dan kemana menjual.
Rangkum beberapa informasi sehingga dapat memahami situasi. Kita dapat
jumlah total penjualan menggunakan fungsi sum.
1. Pilih cell kosong langsung
di bawah record terakhir
di bawah Kolom
total.
2. Akan
ada banyak jalan dimana kita bias menjulah kolom tersebut. Cara yang paling cepat
adalah dengan memilih
Tab Home dan klik tombol Autosum. Ini akan menjumlah
semua kolom secara otomatis.
Hasil Ý
TUGAS
1. Buatlah sebuah sheet seperti di bawah dimulai pada cell A1, kemudian simpan dengan nama file
yang sama dengan
NIM Anda!
HasilÝ
2. Buka
kembali worksheet dari latihan
nomor satu, lengkapilah rerata nilai dan jumlah dengan aturan dua digit pada belakang
koma, urutkan nama siswa berdasarkan abjad, tambahkan beberapa
tabel seperti di bawah, lengkapilah dengan menggunakan formula
dasar (aritmatika,
sum,
average, max, min, serta
count).
HasilÝ
3. Buka kembali file latihan nomor dua, kemudian buatlah pada sheet tiga, buatlah tabel di bawah
ini kemudian lengkapi dengan menggunakan fungsi logika sesuai ketentuan yang berlaku
dengan ketentuan:
§ Untuk mencari
rerata nilai, Bobot nilai: Tugas = 1; UTS 1&2 = 2; UAS = 3.
§ NILAI diambil
dari rerata nilai yang dikonversi menjadi:
o 85 – 100 = A
o 75 – 84.9 = B+
o 70 – 74.9 = B
o 65 – 69.9 = C+
o 60 – 64.9 = C
o 55 – 59.9 = D+
o 50 – 54.9 = D
o 0 – 49.9 = E
HasilÝ
4.
Buka kembali file latihan nomor empat, kemudian buat
di sheet keempat, buat tabel seperti di bawah ini, gunakan fungsi
Lookup dan Teks untuk melengkapi data pada tabel ini.
HasilÝ
Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi
Informasi pada pokok bahasan …, maka dapat diambil
kesimpulan:
a.
Ms Excel merupakan program aplikasi
pengolah angka yang sangat berguna dalam kehidupan
sehari-hari. Program perangkat lunak ini memudahkan kita dalam melakukan kegiatan hitung – menghitung
tentang keuangan dengan Microsoft Excel ini sering di bilang sangat membantu, dan
lain-lain
b. Menggunakan
fitur Ms Excel sangat mempermudah dalam pelaksanaan kerja dalam urusan
administrasi dan pengolahan
angka.
2. Saran
Adapun saran
untuk praktikum kali ini adalah:
a. Untuk pelaksanaan praktikum mungkin bisa dikirimkan terlebih dahulu file yang akan
digunakan untuk praktikum,
DAFTAR PUSTAKA
Putra, Jefri Andika. (2021).
PRAKTIKUM PTI 2 - MANAGEMEN
DATA DENGAN MICROSOFT
EXCEL.
Yogyakarta.
Komentar
Posting Komentar