Laporan Praktikum 3
LAPORAN PRAKTIKUM III
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Disusun oleh:
Ridwan 21330040
PROGRAM
STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA
2022
DAFTAR ISI
PELAKSANAAN PRAKTIKUM........................................................................ 3
1.
KESIMPULAN...................................................................................................................... 41
1.
Persiapan
a.
Perangkat Lunak
·
Microsoft Exel
2.
Dasar Teori
a. Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint telah
berevolusi menjadi alat yang sangat canggih untuk membuar
presentasi yang menarik dan mengeliminasi kebutuhan akan piranti lunak lainnya. Semua lembar kerja pada Microsoft Office sudah dirancang untuk
memiliki kemiripan sehingga membuat
pengguna dapat mengenal
lembar kerja dan cepat beradaptasi. Gaya dari ribbon dan menu sekilas mirip tetapi
menunjukkan fungsi yang berbeda seperti yang
dibahas di bawah.
Name |
Description |
Slides/Outline Pane |
Panel
ini berfungsi sebagai pratinjau untuk semua slide atau sebagai cara cepat untuk berpindah ke slide yang diinginkan
tanpa perlu membuka tiap slide.
Lebar dari panel dapat disesuaikan dengan menggunakan mouse. |
Notes Pane |
Pada panel
ini anda dapat menulis catatan untuk
slide tersebut. |
Slide Pane |
Tempat dimana anda
dapat memainkan atau
mengerjakan pada slide yang sesungguhnya. |
Theme Name |
Nama dari slide yang digunakan. |
Language |
Mengidentifikasi bahasa
dan kamus yang
digunakan. |
Normal View |
Membuka
Panel Slide/Outline, Panel Note dan Panel Slide seperti di atas. |
Slide Sorter View |
Hanya menunjukkan slide. Digunakan untuk menyortir dan mengurutkan slide. |
b. The Ribbon
Perintah dan fungsi
yang tersedia pada ribbon dikelompokkan pada tab-tab berikut.
Seperti yang dapat
anda lihat PowerPoint 2016 dan PowerPoint 2007 sangat mirip kecuali
file tab.
Name |
Description |
Home |
Tab ini
berisi perinta clipboard standard, formatting, style command, insert,
delete, ditambah beberapa fungsi dari perintah memmbenahi slide. |
Insert |
Tab ini berisi perintah untuk memasukkan sesuatu ke slide seperti
shapes, pictures, smart-art, bagan, dal lain-lain. |
Design |
Tab ini berisi perintah untuk
mengganti tema slide, tema, desain, warna,
dan layout. |
Transitions |
Tab ini berfungsi untuk mengganti
transisi slide dengan efek audio visual. |
Animations |
Tab ini berisi
fungsi animasi objek dalam
slide. |
Review |
Area ini bergokus pada mengganti
fungsi seperti spelling, thesaurus, comments, dan protection. |
View |
Menyimpan perintah untuk
mengontrol tampilan dari
slides. |
PELAKSANAAN
PRAKTIKUM
a.
Memulai Presentasi Baru
Biasanya ketika anda membuka aplikasi
PowerPoint, sebuah presentasi kosong
secara otomatis akan dibuat untuk anda, Jika anda ingin membuka
presentasi baru atau menggunakan contoh
yang ada anda dapat menyelesaikan langkah-langkah berikut:
1.
Klik
pada Tab File pada pojok
kiri atas.
2.
Lalu pilih tombol New di bawah.
3.
Anda akan diberikan opsi untuk memilih
menggunakan presentasi kosong,
contoh, atau sampel
contoh.
4.
Setelah anda mendapatkan pilihan
anda PowerPoint akan membuka
presentasi sesuai pilihan anda.
b.
Design Tema Slide
PowerPoint memberikan kemampuan untuk merancang sendiri tema slide. Dengan beberapa
menit anda dapat merancang presentasi professional anda dengan alat yang tersedia.
Untuk memulai kita harus bekerja dalam ruang kerja slide master. Ruang ini menampilkan rancangna dari apa yang akan
kita buat. Lengkapi langkah-langkah berikut untuk membuka slide master:
1. Klik pada View tab.
2. Klik pada perintah
Slide Master. Hal ini akan membuka
ruang kerja slide master.
Mari kita buat presentasi kita untuk Performa
Produk Tahunan untuk Action Pty Ltd.
Untuk memulai, mari kita buat tema standard pada Master
Slide:
1. Pilih Master Slide pada panel Slide.
Karena tim manajemen suka dengan presentasi yang bagus masukkan
rancangan spesifik dari file
kita. Klik Tab Insert dan pilih Picture, Pilih gambar yang diinginkan, lalu klik insert.
2.
Klik kanan pada gambar. Lalu pilih perintah Send to Back. Jal ini
akan mengirim gambar ke belakang dari
semuanya.
3.
Karena Action Pty Ltd menggunakan
merah pada material mereka mari modifikasi warnda
dan latar belakang dari gambar. Pilih gambar lalu Format Tab. Lalu perintah Color.
Hal ini akan membuka
Colot Gallery. Pilih salah satu dari warna merah.
4. Mari kita ganti ukuran gambar
kita. Pilih gambar.
Pada bagian bawah gambar aka nada kotak. Letakkan kursor ke kotak tersebut.
Hal ini akan mengubah kursor menjadi anak panah
atas- bawah. Klik dan tahan tombol mouse kiri. Geser mouse hingga gambar hanya melingkupi pembatas judul.
5.
Seperti yang dapat anda lihat bahwa judul sulit untuk dibaca.
Mari kita rubah judul menggunakan perintah WordArt.
Pilih kotak judul.
Lalu klik tab Format. Klik pada anak panah
ke bawah Word Art. Hal ini akan membuka galeri Word Art. Pilih tema sesuai dengan
gambar di kanan.
6.
Mari kita selesaikan tema dengan
meletakkan footer sederhana. Untuk tetap mebuat bersih mari kita letakkan garis sederhana. Klik pada tab Insert.
Pilih garis. Letakkan mose di pojok
kiri bawah. Klik kiri dan geser ke kanan. Hal ini akan membuat sebuah garis. Lalu pilih tab Format.
Klik Shape Outline.
Hal ini akan membuka sub menu.Untuk mengganti
warna dengan kita hanya perlu memilih warna yang kita ingini. Pilih Dark Red. Pada menu yang sama mari kita tingkatkan ketebalan dari garis menjadi
6pt. Rubah garis menjadi round
ends menggunakan perintah Arrow.
7.
Untuk melengkapi ini mari kita
buat logo sederhana. Untuk memulai kita perlu dua lingkaran. Klik Tab Insert. Pilih Circle. Gambarlah lingkaran
oblong. Lalu gantilah warnanya. Klik Tab Format.
Klik Shape Fill. Pilih Dark Blue. Lalu klik Shape Outline. Pilih
No Outline.
8.
Putar sedikit lingkaran tersebut.
Lalu pilih lingkaran dan klik kanan.Pilih Copy. Lalu klik kiri di sembarang tempat
dan klik Paste.
Pilih lingkaran baru. Ganti warna menjadi Putih.
Lalu pada pojok kanan atas, klik dan geser lingkaran
untuk mengurangi ukurannya. Pindahkan sehingga lingkaran
baru menutupi lingkaran lama pada satu sisi.
9.
Sekarang klik tab Insert.
Pilih Text Box. Klik sisi mana pun pada slide.
Ketik ACTION. Letakkan text box di dalam dua lingkaran.
Pilih Tab Home. Lalu pilih lingkaran text box. Ganti font menjadi
Arial Black. Ganti warna menjadi
dark red.
10.
Pilih kedua lingkaran dan text bok. Klik kanan.
Pilih Group lalu group lagi. Dengan ini semua
obejek akan tergabung dalam satu grup. Pindahkan ke pojok kanan bawah pada slide..
Pindahkan place holder ke kiri. Place holder memuat page number secara standard.
11.
Karena kita maengininkan slide
judul yang menarik perhatian mari kita modifikasi hal itu. Pilih Slide
judul pada panel slide.
12. Klik pada Tab
Insert. Pilih Picture. Masukkan
P1.jpg.
13.
Posisikan gambar sehingga gambar
tersebut berada di bawah heading. Ubah ukuran
gambar dengan menggeser bagian pojoknya. Ingat bahwa bagian pojok adalah
untuk skala dan kotak atas-bawah/kiri-kanan untuk mengubah
bentuk.
14.
Pindahkan Kotak Judul ke atas sehingga berada
pada bagian heading.
Lalu renggangkan kotak sub- judul sehingga sama panjangnya dengan slide. Gunakan
kotak kiri dan kanan untuk halini.
15.
Sekarang kita perlu untuk membuat
sub judul tampak. Pilih kotak sub judul. Klik pada tab Format. Pilih Shape Fill, sebuah galeri akan terbuka pada
jendela baru. Lalu pilih choose more colour.
Pilih White dan set transparansi menjadi
30%.
16. Setelah kita menyelesaikan tema sederhana kita.
Pilih Tab Slide
Master. Dan pilih Close Master
View. Jika anda menyukai tema ini dan anda kan sering menggunakannya anda perlu
menyimpan tema desain. Untuk melakukan ini pilih Tab Design. Klik pada drop box dari galeri. Lalu pilih Save Current Theme. Namai Action.
c.
Slide Basics
Semua presentasi akan memiliki slide judul untuk mengidentifikasi
tentang apakah presentasi tersebut. Untuk memulai
mari kita buat Slide Judul:
1. Pilih Title Slide pada Slide Pane.
2. Klik pada kotak Judul. Ketikkan “Annual Product Report”. Lalu klik
kotak Subtitle dan ketikkan “An indebt Performance Review and
Analysis”.
Untuk membuat slide professional kita memerlukan rencana
sebelum mulai untuk membuat
presentasi. Kita dapat menggunakan panel outline untuk membantu rencana
kita secara cepat. Semua
presentasi harus memiliki pembuka, poin focus, dan kesimpulan. Mari kita
buat dengan membuat
struktur dasar:
1.
Klik pada tab Outline
pada slide/panel outline. Hal ini akan membuka outline.
2.
Sebelum kita memulai anda harus tahu bahwa judul dari setiap slide akan direpresentasikan dengan
tulisan tebal dan isinya direpresentasikan pada text normal.
Setiap slide juga direresentasikan dengan ikon slide. Sekarang mari
mulai membuat struktur untuk
bekerja.
3.
Klik Ctrl dan Enter bersama. Ini
akan membuat slide baru. Lalu klik Agenda. Untuk membuat slide baru takan enter.
4. Ketik”Product Overview”. Lanjutkan dan tambahka slide seperti yang
ditunjukkan di bawah.
5.
Ketika anda sudah klik tab Slide pada panel,
dapat dilihat bahwa PowerPoint
sudah memasukkan slide yang sesuai.
d.
Dasar Font & Paragraf
PowerPoint menyediakan banyak alat dan perintah untuk memanipulasi font. Jumlah dari kombinasi dan desain akan
menentukan kemampuan kreativitas anda. Mari jelajahi beberapa cara dimana
dapat kreatif menggunakan fonts:
1.
Pilih Slide Product Overview. Pada isi, ketik “Office 2010”.
Untuk bergerak ke bawah ke
baris
berikutnya tekan
enter.
Umumnya presentasi penggunakan format tier point paragraph. Di mana
poin-poin penting adalah yang paling
besar dan sub poin adalah yang lebih kecil dan condong ke kanan.Dalam praktik sangat bagus jika poin
penting hanya 3 atau 5 pada setiap slide. Semakin
banyak poin yang anda punya, semakin sulit juga penonton anda untuk fokus pada apa
yang anda ingin sampaikan.
2.
Untuk mengubah garis menjadi sub
poin, tekan tombol Tab, masukkan semua sub pon
yang anda ilustrasikan pada gambar di atas. Jika anda tidak sengaja menekan
tombol tab atau
ingin membuat sub poin menjadi
poin penting anda dapat tekan shift dan tab secara
bersama-sama. Anda juga dapat melakukan hal ini dengan menekan tombol
decrease atau increase level pada Home Tab.
3. Mari tandai Office 2010 dengan mengganti font. Anda dapat menggunakan desain
yang sudah ada atau membuatnya
sendiri dengan menggunakan alat. Untuk membuat anda memahami fungsi yang ada pada ribbon yang perlu anda lakukan
adalah meletkkan pointer mouse ke atas fungsi tersebut.
Hal ini akan membuka pop-up yang akan menjelaskan fungsi dalam sekilas.
Tetapi jika nada masih bingung
anda dapat menggunakan help untuk penjelasan
yang lebih detail.
4. Pilih text Office 2010. Lalu naikkan fontsize menjadi 40pt. Hal ini
juga dapat anda lakukan dengan
menekan tombol atau
dengan mengetik pada kotak text di sebelahnya.
5. Untuk kapitalisasi dari kata Office, pilih text nya. Lalu klik
6.
Pilih Uppercase. Seperti yang anda sadari jika anda menggerakan mouse ke gaya yang
berbeda maka PowerPoint akan
memberikan gambaran bagaimana tampilannya akan
jadi sebelum anda ganti.
7. Sekarang saya ingin mengubah tipe tulisan. Pada tab Home anda dapat
melihat nama dari font yang sedang
digunakan. Font standard
adalah Calibri. Klik pada anak panah ke bawah
dan pilih Arial Black. Hal ini akan membuat font menjadi lebih besar dan mengubahbentuknya.
8. Mari kita longgarkan font sehingga tidak kelihatan ketat. Klik pada Pilih Loose. Jika anda tidak dapat menemukan apa yang anda perlukan, anda bisa mengatur
secara manual dengan
memilih fungsi more spacing. Hal ini akan membuka jendela
dan anda bisa secara manual mengatur detailnya.
9. Sekarang mari kita menjadi lebih kreatif menggunakan alat yang lebih canggh. Alat ini berada
di bawah tab Format.
Pilih kata-kata dan klik pada tab Format.
10.
Anda dapat memilih untuk desain
yang sudah ada pada galeri atau menggunakan fungsi yang tepat. Karena warna dari Office oranye mari kita ganta
ganti menjadi oranye. Pilih text
tersebut lalu klik Text fill.
Pilih warna oranye.
11. Text dapat diatur sedemikian rupa menggunakan perintah
Text Effects. Perintah
ini akan memberian enam kategori efek yang
berbeda.
12. Pilih text. Klik pada
Tab Format. Pilih Text Effects dan klik Reflecion.
13. Selanjutnya pilih Text Effect lagi. Lalu pilih Bevel. Dan pilih Angel.
14. Poin dapat diganti menjadi angka (atau simbol lain) atau menghapusnya.
Untuk menghapusnya tekan . Hal ini akan menghapusnya. Untuk
menambah klik cukup klik lagi.
e.
Memasukan Table Pada Slide
Tabel digunakan
untuk menampilkan catatan
data atau data yang mudah untak dibaca.
Tabel dapat dibuat
dari gabungan garis dan klom. Anda dapat
membuat tabel
langsung menggunakan PowerPoint atau
anda dapat menyalin
bagian dari Excel dan
tempel ke slide sebagai tabel.
1.
Pilih Slide Agenda.
Pada Tab Insert, pilih Table. Hal ini akan membuka sebuah
galeri.
2.
Pilih jumlah kolom dan baris yang
anda inginkan dengan menggerakan kursor mouse.
Klik tombol mouse kiri untuk melengkapi. Pilih 2 kolom dan 4 baris. Hal
ini akan memaskkan tabel pada slide
secara otomatis. Ketika tabel terpilih sebuah tab Design and Layout akan muncul untuktabel.
3.
Jika anda ingin mengganti properti dari tabel.
Anda dapat membuka
Table Style Gallery
dan memilih gaya yang sesuai.
Jika tidak, dapat digunakan fungsi sesuai untuk memodifikasi tabel.
Pada sisi kiri tab ini ada beberapa
fungsi khusus yang membantu untuk
merancang tabel anda.
Opsi yang tersedia
selalu membantu anda untuk membedakan baris specific dan baris Normal. Jika baris header di tandai,
maka baris paling atas tabel akan berubah warna dan format. Total row merujuk pada baris paling bawh. Banded Row
berarti bahwa pada setiap baris akan diberikan warna
berbeda untuk memperumdah anda membaca tabel.
First & Last column mengubah
format dan gaya pada kolom pertama
dan terakhir.
Tab Layout digunakan
untuk memodifikasi fisik dari tabel seperti menabah
atau menghapus baris dan
kolom, mengubah tinggi dan lebar, arah tulisan, dan masih banyak lagi.
f.
Menambahan Gambar Pada Presentasi
Untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik,
dapat ditambahkan gambar.
PowerPoint memiliki kumpulan
alat untuk memodifikasi gambar tanpa memerlukan
piranti lunak lainnya. Ketika berkerja menggunakan gambar dan media
lainnya, selalu memeriksa dimana file
tersebut berada sebelum mulai bekerja dengan slides. Anda juga bisa mendapat material yang berbeda dari
internet. Tapi berhati-hatilah untuk memeriksa
status hak ciptanya. Mari tambahkan
gambar pada presentasi kita;
1.
Pilihlah Product Overview Slide.
2.
Pilih Insert tab, Lalu pilih
Picture. Sebuah jendela akan terbuka. Carilah Office.png dan klik Insert. Ubah
ukuran gambar da letakkan
pada pojkok kanan bawah.
3.
Gambar pada kotak kelihatan
kurang terang dan susah untuk dilihat. Mari kita gelapkan gambar tersebut. Klik pada tab
Format. Pilih Color. Hal ini akan membuka galeri.
Pilih pengaturan yang paling cocok. Jika anda menemukan pengaturan yang disukai,
buatlah penyesuaian secara manual
menggunakan Picture Color Option.
4.
Pada PowerPoint 2016, untuk membuat perubahan keterangan, kejelasan atau
warna dapat ditemukan fungsi tersebut
pada tab Format dan dikelompokkan di bawah “Corrections”. Anda dapat menemukannya
seringkali perbedaan utama antara kedua versi
adalah representasi gambaran.
g.
Manipulasi Gambar
Gambar di atas mengilustrasikan tab Format dimana anda
akan disediakan alat yang diperlukan dan perintah untuk memanipulasi gambar.
Bagian Adjust berfokus
untuk memanipulasi gambar
sedangkan Picture Styles berfokus pda efek untuk pemasangan atau penyajian gambar. Bagian Arrange membuat
kita dapat meletakkan atau menggerakan gambar
di dalam slide kita. Satu dari fungsi yang paling sering digunakan adalah
fungsi Crop.. Fungsi ini membuat anda dapat
menghapus area dari gambar yang tidak anda inginkan.
Pada presentasi kita, Sample.pptx. Mari kita buat slide baru untuk Team dan mari
gunakan alat- alat yang sudah
disebutkan di atas.
1.
Pilih Slide Product Oberview. Pada
tab Home, klik New Slide. Hal ini akan membuat
slide baru berdasarkan layout slide terakhhir. Jika anda ingin menambah
slide lain dengan layout yang berbeda. Anda dapat klik anak panah
ke bawah dan pilih layout
yang diinginkan.
2.
Ketik “The Team” pada kotak judul.
3.
Pilih Tab Insert. Pilih Picture. Cari dan pilih file bernama
team.jpg, dan klik Insert. Hal ini akan memasukkan
file ke dalam slide.
4.
Karena kita hanya memerlukan wanita berbaju merah kita perlu menghapus semua latar belakang lainnya. Plih tab Format. Pilih
Remove Background. Sebagain porsi yang tidak
ungu- lah yang menjadi gambar final. Ada juga penahan kotak pada gambar. Gerakkan dan ganti ukuran kotak hingga
hanya menunjukkan si perempuan. Jangan takut
jika ada latar belakang yang ikut. Setelah anda memilih Remove Background sebah tab baru akan muncul dan menu
lainnya akan dimodifikasi. Menu yang tersedia
akan membantu anda dalam proses manipulasi. Karena gambar kita relatif
bagus anda tidak perlu melakukan koreksi manual.
5.
Mari asumsikan untuk keperluan
belajar anda memerlukan wanita berbaju merah.
Pertama-tama anda harus mengganti ukuran kotak hingga memasukkan si
wanita. Setelah itu anda dapat
menambah secara manual apa yang ingin anda tambahkan. Klik Mark Areas to Keep. Hal ini akan memberikan anda alat untuk memilih apa yang ingin anda
tambahkan. Mulai dengan klik baju, badan, tangan dan kepala. Ketika anda memilih area tertentu, sebuah tanda
positif akan muncul dan warna gambar akan kembali
seperti semula. Ketika sudah selesai klik saja Keep Changes. Jika anda ingin menghapus
bagian dari gambar anda dapat
melakukannya dengan memilih
Mark Areas to Remove. Jika anda salah menaruh tanda
anda dapat mengahapusnya menggunakan Delete Mark. Anda dapat kembali kapan pun untuk membuat perubahan, untuk melakukannya, pilih
gambar tersebut lalu Remove Background pada tab Format.
6.
Pada PowerPoint 2007, anda hanya mendapat fungsi yang bernama Set
Transparent Colour. Anda dapat menemukannya di bawah tab
Format lalu pilih Recolour. Fungsi ini
terbatas dan hanya dapat mengganti satu warna per gambar. Sehingga jika latar belakang
memiliki bayangan atau variasi yang tidak dapat anda gunakan.
Untuk mengunakannya cukup
klik Set Transparent Colour. Hal ini akan mengubah mouse ke kursor yang lain. Lalu klik warna yang
ingin anda jadikan transparan. Untuk kembali
ke gambar awal, klik Reset Picture
pada tab Format.
7.
Sekarang anda mendapatkan gambar wanita berbahu merah.
Pindahkan gambar tersebut
ke sebelah kiri dan buatlah tempat untuk gambar
lain.
8.
Pada tab Insert, pilih Picture. Pilih dan masukkan
file bernama team2.jpg.
9.
Ulangi proses di atas dan hapuskan
latar belakang. Ingatlah untuk cek apabila ada
bagian yang hilang atau tidak diinginkan.
10. Potonglah gambar agar tampak lebih
kecil. Pilih Crop pada tab Format. Letakkan
kursor mouse pada indicator. Ketika posisinya sudah tepat maka kursor akan berubah. Sekarang
potong sisi-sisi gambar. Pindahkan gambar ke bagian kanan slide.
Ada cara yang lebih cepat jika latar belakang slide sama
dengan latar belakang gambar. Dari pada membuang
latar belakang gambar kita kirim gambar tersebut ke belakang
sehingga wanita berbaju merah di atas gambar lainnya. Untuk melakukannya pilih gambar tersebut
dan pada tab Format, pilih anak panah
ke bawah lalu Send Backward
dan pilih Send to Back. Untuk membantu kita belajar mengenai presentasi
gambar dan gaya mari kita
buat slide baru tentang lokasi kantor kita.
1.
Pilih slide Team. Pada tab Home,
klik New Slide.
2.
Ketik “Our Office” pada kotak
judul.
3.
Masukkan gambar office.jpg.
4.
Mari kita lihar beberapa alat
presentasi sederhana yang bagus. Pilih tab Format. Klik pada kotak galeri Picture Styles. Ketika anda menggerakan
kursor mouse ke mana pun pada gaya,
gambar anda akan otomatis berubah. Hal ini akan memberikan anda gambaran sebelum anda memilih sebuah
gaya.
5.
Untuk memastikan bahwa hadirin
mengetahui dimana letak kantor kita, mari kita
ambil gambar melalui
Google map. Buka Google dan pilih Map. Sekarang masukkan
alamat dimana pun anda suka. Hal ini kan menunjukkan lokasi. Klok Ikon
Window pada taskbar
ketikkan snip pada kotak pencari.
Klik Snipping Tool. Sekarang gunakan
alat tersebut untuk mengambil gambar yang anda mau dengan mengatur ulang
besar dari kotak penangkap.
Ketika anda selesai simpan
file dangan nama map.jpg.
6.
Masukkan map.jpg ke dalam slide. PowerPoint
akan meletakkannya ke
tengah slide.
7.
Ubah ukuran gambar hingga pas pada
pertunjukan dan pindahkan itu ke kiri. Seperti
yang dapat anda lihat peta tersebut menutupi
gambar kantor kita. Kita akan menggunakan alat presentasi untuk membantu kita mengatur ulang
gambar.
8.
Pilih peta. Pada tab Format, pilih Reflected Perspective Right pada Picture Styles.
9. Pada tab Format pilih Picture effects. Sub menu akan memberikan anda
opsi untuk memanipulasi gambar anda dalam berbagai cara. Pilih 3D Rotation. Lalu klik Perspective Contrasting Right. Ganti
ukuran peta sehingga terlihat lebih baik pada
Slide. Pada Picture Effects pilih Shadow untuk memberikan gabar kita
bayangan. Pilih Perspective Diagonal Upper Left. Sekarang kita sudah menyelesaikan memanipulasi peta kita.
10. Pilih gambar office. Pada tab Format, pada picture style gallery pilih
Soft Edge Rectangle. Lalu pindahkan gambar tersebut ke sebelah kanan slide.
11.
Pada tab Format, di dalam Picture
Effects dan 3D Rotation. Pilh Perspective Contrasting Right. Pada Picture
Effects pilih Shadow
untuk memberikan gambar
kita bayangan. Pilih
Persepective Diagoanal UpperLeft. Sekarang gambar kantor kita terlihat
aneh karena berada di belakang peta mari kita betulkan.
12.
Pilih gambar kantor. Lalu pada tab
Format, pilih anak panah Bring Forward. Lalu
pilih Bring to Front. Sekarang oindahkan gambar ke
kanan.
13.
Untuk membuat simulasi gambar kantor keluar dari peta kita perlu melakukan pekerjaan. Pada tab Insert, pilih Shapes
dan pilih Line. Sekarang gambar garis dari tiap sisi gamabr kita ke satu titik pada peta. Pilih gambar office.
Pada tab Format,
plih anak panah Bring
Forward. Lalu pilih Bring to Front.
|
|
|
14.
Jika garis masih belum cukup jelas anda dapat mengganti
property dari garis tersebut.
15.
Pilih garis tersebut. Jka anda
ingin memilih lebih dari satu garis bersamaan tahan shift dan klik pada garis yang
lain.
16.
Pada tab Format,
pilih Shape Outline.
Hal ini akan membuka sub menu. Anda
dapat memilih
property map yang ingin
anda ganti. Pilih Weight. Lalu 3pt. Lalu ulangi
dan pilih Dark Red.
Untuk membantu kita memahami tentang pengaturan gambar
mari kita buat sebuah slide baru
untuk area market kita.
1.
Pilih Slide Office kita. Pada tab Home, klik New Slide.
2. Ketik “Our Market”
pada kotak judul. Masukkan market.jpg.
3.
Pada tab Insert, pilih Shapes dan
pilih Oval. Masukkan gambar satu lingkaran kecil. Pindahkan ke kira-kira
dimana Jakarta berada.
Ganti lingkaran sehingga
warna berubah merah dan tidak ada garisnya
juga dengan bentuk Angel Bevel.
4.
Pada tab Insert, pilih Text Box.
Lalu gambarlah text box. Ketikkan Jakarta dan
letakkan tulisan di sebelah kiri lingkaran kita. Tulisan akan kurang jelas,
jadi kita akan memperjelasnya.
Pada tab Format, pilih Shape Fill, lalu pilih More Fill Colours. Hal ini akan membuka jendela. Anda dapat
memilih warna baik dari tab amana pun yang
disediakan. Mari kita pilih Putih.
Sekarang pada bagian
bawah terdapat Transparency Bar. Pindahkan ke 50% (atau ketikkan).
5.
Sekarang ganti font tulisan. Pada tab Home klik galeri Font dan pilih
Eras Bold ITC.
6.
Ulangi proses ini untuk Surabaya
dan Bali. Anda bisa mempercepat hal ini dengan
menyalin dan menempel
apa yang sudah anda lakukan.
h.
Menarik Perhatian Menggunakan SmartArt
SmartArt adalah alat untuk membantu
membuat gambar cepat
yang menggambarkan pesan yang ingin anda sampaikan ke
pengguna. Hal ini termasuk bentuk untuk hubungan, proses, daftar, dan sebagainya.
1.
Pilih Slide Annual Slides
2.
Pada tab Insert, pilih SmartArt.
Lalu “Choose a SmartArt Grapich” jendela akan
terbuka. Sekarang pilih Relationship dan kemudian pilih Tabel Hierarchy
dan tekan Ok. Anda sekarang dapat
melihat bentuk dan sebuah kendela di sebelahnya. Jendela ini akan digunakan untuk memasukkan text anda.
3.
Pada tipe jendela, ketik “Annual
Sales Rp”. Lalu pergi ke bawah ke garis berikutnya menggunakan mouse atau tombol anak panah ke bawah. Sekarang
ketikkan “Jakarta”. Lalu pergi ke bawah ke garis berikutnya menggunakan mouse atau tombol anak panah
ke
bawah. Sekarang ketikkan “Rp”. Karena kita tidak perlu dua kotak di bawah Jakarta, setelah anda mengetik “Rp”, tekan
delete. Hal ini akan menghapus garis dan bentuk juga akan terhapus secara otomatis.
4. Pada garis berikutnya ketikkan Surabaya.
Setelah itu tekan Enter. Hal ini akan membuat
sebuah garis baru dan kotak. Lalutekan tombol tab. Ini akan memindahkan poin di bawah Surabaya.
5. Pindah ke bawah ke garis berikutnya. Tekan shift dan tab bersama-sama.
Ini akan memindahkan garis ke kiri
sejajar dengan Surabaya dan sebuah kotak baru akan terbuat.
6. Ulangi untuk Bali.
Untuk membuat
bentuk ini semakin menarik mari kita ganti propertinya.
1.
Pada tab Design, pilih Change
Colours. Lalu pilih Colourful Range Accent 5 dan 6.
2.
Pada tab yang sama,
bukalah SmartArt Styles Gallery. Pilih
3D Polished.
Salah satu keunggulan SmartArt adalah jika anda
memutuskan untuk tidak menyukai property yang sekarang anda dapat menggantinya secara manual melalui
tab Format atau tab Home. Cukup perlakukan SmartArt sebagai
shape tapi terdapat beberapa keterbatasan. Hal
bagus lainnya adalah anda dapat mengganti tipe SmartArt tanpa perlu mengetikkan informasinya lagi. Tetapi
ketika mengganti tipe anda harus
memikirkan apakah SmartArt
itu cocok atau tidak. Untuk
melakukannya, pada Tab Design pilih Layouts Gallery. Walau pun tidak cocok anda dapat mencocokkannya sendiri secaralangsung.
i.
Menunjukan Angka Dengan Bagan
Variasi dari bagan yang tersedia pada PowerPoint mirip dengan yang ditemukan
di Excel. Pengguna dapat menciptakan bagan langsung ke PowerPoint atau mereka bisa menyalin dan menempel bagan dari Excel. Cara yang paling efektif untuk
menggunakan bagan adalah
mengerti tentang apa yang ingin kita tampilkan. Mari kita lihat beberapa data berbeda
dan keefektifannya. Kita dapat menggunakan data yang kita kumpulkan dan sebelumnya dimanipulasi.
1. Pilih Slide Regional
Performances.
2. Pada Tab Insert,pilih Charts. Hal ini kan membuka jendela
Insert Chart.
3. Sekarang pilihlah 3D-Pie.
Lalu klik OK. Hal ini akan memasukkan sebuah bagan pai
dan juga lembar kerja dengan beberapa
parameter secara berdampingna. Sekarang masukkan data kita ke dalam lembar kerja.
4.
Tulis data dalam lembar kerja. Ketikkan
Jakarta, Surabaya, Bali pada kolom perama. Lalu pada kolom sales ketikkan
secara berurutan 596,225.00, 693,131.25 dan 612,393.75. Di sini ada kelebihan 1 baris.
Untuk menghilangkannya kita harus menghapus data. Lalu kita ubah ukuran
bagian biru sehingga
hanya menyangkup data
kita. Bagan pai adalah cara yang hebat untuk menampilkan data singular, data series, dan/atau porsi data/persentase.
Bagan pai kelihatan sangat polos pada saat ini. Kita
dapat memanipulasi propertinya sehingga
membuatnya menjadi lebih detail dan membuat bagan yang enak dilihat. Ketika anda klik pada bagan, akan muncul 2 tab, design,
dan format. Tab design akan berfokus pada efek kosmetik
dari bagan. Format tab akan berfokus pada fungsi dasar dari formatting.
Pilih bagan lalu klik pada tab Design.
Tab ini berfokus pada aspek desain dari bagan. Ada tiga fungsi utama, Data, Chart
Layouts dan Chart Styles. Fungsi data membuat anda dapat memanipulasi data bagan dengan memberikan akses. Chart
Layouts memberikan contoh layout
untuk dipilih. Chart Style berfokus pada warna dan aspek gaya.
Jika kita ingin tahu persentase yang diberikan tiap
daerah kita dapat memilih layout pertama. Pilih Quick layout pada tab Design dan klik Layout 1. PowerPoint akan
menghitung persentase dari tiap daerah secara otomatis. Hal ini juga
akan menambah label untuk tiap
daerah. Menurut bagan ini, Surabaya memiliki kontribusi terbesar. Jika anda tidak suka gaya dari bagan anda dapat
menggunakan satu dari gaya yang sudah disiapkan pada Chart Style gallery. Galeri memberikan obsi untuk warna,
shading, bayangan, dan warna latar belakang.
1
Klik Chart. Pada Design tab, klik anak panah ke bawh pada Chart Style. Hal ini akan menuka galeri.
2
Pilih Style 10. Hal ini akan
mengubah sedikit bentuknya dan memberikan bayangan. Cobalah gaya lainnya.
Anda dapat memodifikasi komponen individu atau struktur Chart dengan
menggunakan tab Layout.
3
Pilih Chart, lali klik tab Design.
Klik pada Add Chart Element. Pada menu ini anda dapat melihat fungsi spesifik untuk memodifikasi struktur dari
bagan, judul, judul axis, legenda,
label, tabel data, axis, garis dalam, plot area, tembok bagan, lantai bagan. Juga memiliki fungsi untuk
melakukan analisa oada tipe bagan tertentu. Kita tidak perlu judul pada bagan ini. Pada menu add Chart Element
pilih Chart Title.
Lalu pilih None. Hal ini akan menghapus judul bagan. Cara yang lebih cepat adalah
dengan klik pada judul dan tekan
tombol delete.
4
Untuk membuatnya lebih indah mari kita beri legenda. Pada menu Add Chart Element
pilih Legend. Lalu pilih Show legend at bottom. Data pada bagan pai kelihatan sedikit susah untuk
dibaca. Mari kita pindahkan agar lebih ke tengah. Pada menu Add Chart Element pilih Data Labels. Lalu pilih Centre.
5
Bagan pai 3D juga dapat
dimodifikasi. Kita menginginkan Jakarta berada di bawah. Double klik pada chart untuk
memunculkan Format Chart
Area. Pilih Series
“Sales”, lalu klik Series Option.
6
Pada Angle of first slice,
ketikkan 120 atau klik pada anak panah ke atas sampai mencapai 120. Saat anda melakukan
ini bagan akan berubah. Pie Explosion digunakan
untuk mengatur jarak antara data series. Set sebesar 10%.
7
Untuk membuat data label menjadi
mencolok, mari ganti ukuran tulisan dan warna.
Pilih satu dari data label (hal ini akan terpilih
secara otimatis, jika anda menginginkan untuk memilih salah
satu cukup pilih
satu saja, ketika
bagan tersebut dipilih
klik label yang ingin anda pilih). Lalu pada tab
Home, naikkan ukuran font menjadi 24. Klik pada kotak pilihan
Font Colour dan pilih putih.
Terakhir klik tombol
Bold.
8
Karena kita mempersiapkan laporan
ini untuk manajemen, mari kita beri detail spesifik
atas performa bulanan dari penjualan atas daerah. Kita dapat melakukannya dengan mengambil bagan yang sudah
disiapkan sebelumnya untuk dokumen yang dicetak pada bab sebelumnya.
9
Bukalah buku kerja (dari bab
sebelumnya), temukan lembaran bernama Regional
Performance. Pilih judul bagan yaitu “2010 Monthly Sales by Region”.
Lalu tekan Ctrl dan C bersamaan. Hal ini akan
menyalin bagan.
10
Salin bagan pada slide berjudul.
Monthly Regional Performance. Tekan Ctrl dan V
bersamaan dan salin pada bagan. Ubah ukuran bagan sehingga akan terasa
lebih pas pada slide.
11
Klik pada Title dan tingkatkan
ukuran font ke 28. Lalu klik legend dan naikkan font ke 18. Slide berfokus pada Partner Performance. Data hanya dapat diilustrasikan oleh bagan pivot yang
telah kita buat dari bab
sebelumnya.
12
Buka pada buku kerja (dari bab
sebelumnya) dan cari lembaran bernama Regional
Performance. Pilih judul bagan “Sales
By Region By Partner”. Lalu tekan Ctrl dan C bersamaan. Hal ini akan menyalin bagan.
13
Salin bagan pada slide berjudul
Partner Performance. Tekan Ctrl
dan V secara bersamaan untuk menyalin
bagan.
14
Klik pada judul dan tingkatkan
font ke 28. Lalu klik legend dan tingkatkan font menjadi 16. Jika anda perlu untuk meningkatkan font X axis sehingga lebih mudah
untuk dibaca.
15
Untuk membantu menginformasikan
kepada para hadirin, mari kita tambahkan data
label pada bagan ini, Pilih salah satu kolom (hal ini akan memilih semua
kolom bersamaan secara
otomatis).
Pada
menu Add Chart Element, pilih Data labels dan pilih Outside End. Hal ini akan meletakkan label pada puncak kolom.
j.
Multimedia dan Animasi
Pada pelajaran kali ini anda akan belajar
mengenai hal ini:
1. Medapatkan Emosi dengan Multimedia.
2. Mendapatkan Fokus dengan
Animasi.
3. Menangkap Perhatian dengan Slide Transition.
4. Preparasi Slide Show.
5. Menerbitkan Presentasi.
6. Mencetak Presentasi.
PowerPoint memiliki cara yang sederhana tetapi
kreatif untuk meningkatkan presentasi anda
menggunakan Multimedia dan Animasi. Dengan cara menambah multimedia ke dalam presentasi anda dapat mengubah dari presentasi yang sangat membosankan menjadi presentasi yang dipenuhi tepuk tangan dan pujian.
Multimedia merujuk pada penggunaan objek media
yang banyak. Pada PowerPoint
anda dapat memasukkan film, audio, dan juga objek animasi. Untuk membantu kita menciptakan pembukaan
yang hebat untuk presentasi kita mari tambahkan
video promosi untuk Microsoft Office.
1.
Masukkan Slide baru ke dalam Agenda
Slide. Pada tab Home pilih New Slide.
2.
Pada tab Insert pilih Video (Movies
for 2007). Hal ini akan membuka jendela
Insert Video. Pilih nama file office.wmv dan klik insert.
Hal ini akan memasukkan video ke dalam Slide.
3.
Ketika anda memilih video, tab
Playback akan muncul. Klik pada tab ini untuk melihat fungsi dan perintah yang tersedia.
Untuk memainkan video secara otomatis ketika anda
mencapai slide ini anda harus memastikan
bahwa pada area Video Options, Start sudah di set pada Automatically.Jika On- Click yang dipilih,
maka video akan hanya dimulai
ketika di klik. Pada 2007 tab yang merujuk video sebagai movies. Plus pada 2007
fungsinya sangat terbatas dibandingkan dengan 2016. Anda juga harus memperhatikan bahwa pada 2007 ketika anda
mencoba memainkan tidak ada progress
bar untuk media. Kita perlu memastikan bahwa kita memiliki performa yang bagus sehingga video harus dimainkan secara full screen.
Pada area Video Options, cek kotak Play
Full Screen.
Banyak fitur lain yang ada pada tab ini. Fitur yang
paling menyolok pada PowerPoint 2016 adalah kemampuan untuk memangkas video
pada PowerPoint. Ini adalah jendela
sederhana yang mengizinkan pemangkasan sederhana. Pilih Video pada
slide. Klik Trim Video pada tab
Playback. Hal ini akan membuka
jendela Trim Video.
Untuk memangkas video yang perlu anda lakukan hanyalh
menggerakan baik semua atau dua (hijau dan merah) penanda.
Hal ini nayna mengizinkan anda untuk memangkas awal dan akhir dari video. Jika anda ingin memangkas sebagian kecil
bagian tengan dan tidak memiliki piranti
lunak anda dapat meletakkan beberapa
video sekaligus. Hanya saj aproblemnya adalah ketika berganti files
dapat menjadi lambat dan berantakan. Jika anda
memangkas video anda, maka video tersebut mungkin tidak memiliki awalan
dan akhiran yang baik, anda mungkin
mau untuk menambahkan efek pudar di dalam atau di luar saat awalan
atau akhiran masing-masing.
Ketika bekerja dengan objek audio video sangat sering
kita harus mengulang referensi spesifik
pada objek ini. PowerPoint 2016
memberikan kemampuan untuk memberi batas
pada garis waktu sehingga pada saat pengulangan anda dapat klik pada bookmark
untuk melompat ke poin tertentu dari video. Sehingga
membuat presentasi anda padat dan rapi. Ketika video dimainkan, klik tombol Add Bookmark pada tab Playback. Hal ini
akan menaruh pon pada timeline. Jika
dibutuhkan anda dapat cukupklik poin tersebut untuk memulai video dari titik tersebut. Pada notes section anda dapat
membuat referensi sehingga anda tahu poin mana
untuk apa. Untuk menghapus bookmark cukup klik Remove Bookmark.
Media lain yang biasanya untuk memperkuat slide adalah
Audio atau bunyi. Hal ini dapat
dilakukan sebagai lagu latar atau berdasarkan animasi pada slide, objek, atau
klik. Biasanya untuk presentasi yang kurang formal atau slide otomatis sebuah lagu dapat dimainkan
secara terus menurus. Jika kita ingin memainkan lagu sepanjang presentasi
inilah caranya. (Biasanya instrumental)
1.
Pada tab Insert pilih
Audio. Maka jendela
InsertAudio akan terbuka.
2.
Pilih nama file sound1.mp3 dan lalu klik insert.
3.
Pindahkan icon audio dari pojok kiri bawah slide sehingga membuat slide tersebut tetap
jernih. Untuk membuatnya bermain terus-menerus maka kita memerlukan
sedikit penyesuaian.
Untuk
memainkan lagu secara terus menerus, pada Audio Option pastikan bahwa pada kotak start adalah Play Across
Slides (pada 2007, itu adalah kotak Play Sound). Biasanya saya akan beri tanda centang Hide During Show sehingga hadirin
tidak dapat melihat
icon audio. Untuk
mengantisipasi jika presentasi saya lebih lama dari lagunya anda dapat membuatnya mengulang. Beri tanda
centang Loop until Stopped Box.
Jika anda memilih automatic pada kotak Start, lagu akan dimainkan secara
otomatis ketika slide muncul dan akan berhenti ketika
slide berubah. Opsi lainnya adalah On Click. Hal ini berate anda oerlu klik Icon Audio sebelum dimainkan. Opsi
ini bagus jika anda memiliki beberapa
wawancara atau menunjuk seseorang yang membuat presentasi anda relevan.
PowerPoint juga memiliki Audio Trimmer untuk memotong file lagu anda. Cara kerjanya sama dengan Video
Trimmer.
k.
Mendaapatkan Fokus Dengan Animasi
Banyak orang terlalu banyak menggunakan animasi atau
hanya menggunakan animasi yang sama
terus-menerus. Tujuan animasi adalah untuk menangkap perhatian orang pada poin
dimana kita berfokus. Jika menggunakan animasi sama pada setiap slide untuk setiap
objek, jadi animasinya menjadi membosankan. Sehingga
hadirin mulai untuk tidak mendengarkan. Animasi yang diletakkan secara baik dapat membuat fokus hadirin pada satu poin atau memperkuat presentasi kita dan perhatian hadirin. Untuk memulai mari
kita lihat pada animasi sederhana yang dapat menyoroti presentasi kita.
1. Klik pada slide Product Overview.
2. Mari kita beri animasi pada word Office 2010. Sebelum kita mulai anda
harus mengerti konsep dasar dari
animasi. Ketika kita menciptakan animasi kita harus menmikirkan timeline dari awal hingga akjir. Lalu kita
harus tahu apakah kita akan mulai dengan slide
kosong atau slide yang terisi. Selama presentasi apa yang diinginkan
oleh audience kita untuk difokuskan dan bagaimana cara menciptakan dampak?
Lalu bagaimana transisi
kita ke slide
berikutnya.
3. Untuk membantu anda melihat animasi
dan timelines yang sudah anda buat saya biasanya menyarankan anda untuk membuka
Animation Pane. Pada tab Animations klik Animation Pane. Hal ini akan membuka sebuah panel
pada bagian kanan layar. Pada 2007 klik tab animasi
lalu klik Custom Animations. Hal ini akan membuka Panel Custom Animation.
4. Sekarang pilih huruf Office 2010 saja. Ketika anda melakaukan ini
fungsi animasi akan menjadi aktif.
Sekarang klik anak panah ke bawah Animation
untuk membuka galeri.
Ada 4 kategori dari Animasi,
entrance (pembuka), emohasis (penekanan), exit (keluar) dan motion paths (jalur gerakan). Pada PowerPoint 2007, hal ini dapat ditemukan
pada Panel Custom Animation. Klik
Add Effects pada menu.
5. Ketika anda menggerakan kursor mouse, hal itu akan memberikan anda
gambaran dari animasi. Sekaran pilih
Fly In. Animasi membuat texr terbang dari bawah. Jika anda menyadari pada animasi panel. Terdapat
catatan. Setiap animasi dapat kita modifikasi
propertinya untuk memenuhi kebutuhan
kita.
6. Untuk mengganti property dari panel animasi, klik anak panah ke bawah
pada kanan dari catatan dan pilih
effect options. Hal ini akan membuka jendela Fly In. Seperti yang anda lihat banyak sekali property
yang dapat kita modifikasi dari arah, suaram
wajtu, dan masih banyak lagi.
7. Mari kita ganti arah menjadi Fly in from the Left. Mari tambahkan
pantulan pada akhir. Pindahkan skala
Bounce End ke kanan. Untuk dampak mari kita tambahkan suara. Pada Sound Box,
pilih Applause.
8. Text dapat dianimasikan seluruh paragraph, kalimat, atau pun huruf
individual. Pada latihan ini mari kita ganti property
pada Animation text menjadi by letter. Anda juga dapat
menambahkan jeda untuk setiap
kata-kata yang keluar.
9. Pada setiap animasi anda dapat mengganti timing dan waktu/durasi dari
animasi. Klik pada tab Timing.
Properti pertama mengatur bagaimana animasi dimulai. Opsi yang tersedia
adalah On Click (Saat klik), With Previous (dengan sebelumnya) or After Previous (setelah sebelumnya). Saat klik
berarti anda perlu klik pada mouse sebelum segelanya
dimulai. With previous berarti
akan jalan setelah
animasi atau aksi terkhir. After
previous berarti
setelah animasi atau aksi terakhir
animasi akan dimulai.
Untuk tujuan kita
maka kita bisa pilih On Click.
10. Properti delay (jeda) digunakan untuk menagatur jeda respon untuk
animasi. Sebagai contoh, setelah anda
klik, berapa lama yang anda inginkan sebelum sesuatu terjadi. Kita dapat tinggalkan
ke nol.
11. Animasi kelihatan berjalan terlalu cepat. Properti berikutnya yang
digunakan adalah mengganti
waktu atau durasi dari animasi.
Mari kita atur ke medium.
12. Karena kita akan memastikan bahwa hadirin kita tahu dan memperhatikan
bahwa produk yang dijual adalah
office 2010 kita perlu memberi animasi pada gambar dan menciptkan penekanan
yang berulang pada text Office 2010.
13. Pilih gambar Office 2010. Lalu pada galeri pilih Bounce. Tidak ada
perubahan yang diperlukan. Pada tab
timing dari bounce, ganti start menjadi With Previous dan beri jeda 2 detik.
14.
Sekarang untuk keseluruhan text mari gunakan animasi
dly in sederhana tanpa modifikasi. Tapi buatlah animasi
menjadi line by line.
Pilih sisa text yang ada pada slide.
15. Lalu pilih Fly In pada galeri. Sekarang anda dapat melihat semua
animasi yang ada pada panel animasi.
Tapi jika anda menjalankan preview,
anda dapat melihat
semua text keluar
bersamaan. Untuk memecahkan masalah ini ada setiap animasi ganti Start
ke On Click. Jadi ketika kita
menampilkannya kita dapat klik mouse untuk mengaktifkan animasi dan fokus pada poin tersebut. Pada slide anda
juga akan menyadari bahwa ada angka di sebelah tiap objek. Anga ini
menunjukan urutan pada siklus animasi atau time line.
16. Sebelum kita bergerak
ke slide berikutnya mari kita tekankan
pada text Office 2010 ketika
kita presentasi. Hal ini akan mengembalikan fokus pada text Office 2010.
17. Pilih text Office
2010. Lalu pada tab Animation
pilih tombol Add Animation. Hal ini akan
membuka galeri lain dimana anda bisa memilih
Wave pada bagian
penakanan. Ketika
anda sudah
selesai animasi
kita akan ditaruh di bagian
terakhir.
18. Animasi harus berjalan
setelah animasi gambar. Pilih animasi dari panel Animation dan geser ke atas di bawah Picture
4 atau gunakan tombol Re-Order
Arrow untuk naik ke atas.
19. Selanjutnya kita perlu
mengganti timing. Klik anak panah ke bawah
dan pilih Effect
Options. Pada tabel timing,
ganti Start ke After Previous.
Ganti Duration menjadi
Medium
dan
Repeat menhadi Until End of Slide. Hal ini akan membuat animasi berjalan
setelah gambar kita berhenti dan akan
terus berjalan sampai
slide kita berganti.
20. Mari kita lihat untuk animasi objek lain seperti bagan. Pada slide
Regional Performance kita berencana
untuk membuat penekanan yang kuat bahwa Jakarta memiliki performa yang sangat buruk. Pilih slide Regional Performance.
21. Pilih bagan. Pada Animation dan galeri pilih straight motion
path (jalur gerak).
Jalur gerak secara default mengarah ke bawah.
Sekarang menggunakan mouse klik dan tahan pada
titik merah. Lalu gerakkan ke kanan. Hal ini akan membuat
bagan bergerak ke kanan.
22. Pada tab Insert,
pilih gambar dengan
nama focus.png. Lalu hapus latar
belakang putihnya menggunakan Remove Background pada tab format.
23. Sekarang letakkan gambar ke kanan tapi tidak
di dalam slide. Pilih objek dan pada animasi pilih custom motion path. Gambarkan
custom path seperti yang anda inginkan. Pastikan bahwa kaca pembasar
di atas Jakarta setelah animasi.
Jika anda membuatnya bergelombang itu membuat
seolah-olah karakter anda bergerak.
24. Sekarang kita tambahkan animasi lain pada karakter. Kita ingin
meningkatkan ukuran sampai 250%
setelah selesai bergerak. Tambahkan Animasi Grow pada gambar. Ganti property
With Previous, Medium Speed
dan Size 250%.
25.
Langkah terakhir adalah kita
menambahkan text box. Pada tab Insert pilih Text box. Letakkan text box dikiri slide di atas gambar kita. Ketikkan
“Jakarta has the biggest Potential
But the worst Performance”. Lalu tambahkan straight motion path ke kiri. Stur property
menjadi After previous dan Medium Speed.
26. Pada slide berikutnya kita akan memberi
animasi pada bagan
dimana akan membantu
kita menekankan pada performa pada tiap set data. Menggunakan slide Monthly Regional
kita akan memberi animasi
pada bagan kolom. Pilih bagan kolom. Lalu pilih animasi Fly In. Pada panel animasi,
klik dua kali pada catatan.
Hal ini akan membuka jendela
Fly In. Pada tab Chart
Animation ganti pengaturan Group Chart menjadi
By Series. Hal ini akan
membuat kolom pada
tiap seri animasi menjadi grup. Jika anda memilih Element pada Series maka tiap kolom akan memiliki
animasi terpisah. Jadi kita ingin memberikan
penjelasan tiap bulan pada setiap seri ini adalah opsinya. Jika anda memiiih
By category, hal ini akan
menampilkan data secara bulanan/kategori. Hal ini untuk menerangkan hasil dari tiap bulan. Dimana By Element pada
Categori animasi akan dijalankan tiap seri dari kategori tersebut. Sehingga,
menjelaskan hasil per bulan dari tiap
seri.
l.
Mendapatkan Perhatian Dengan Slide
Transition
Slide transition (Transisi
Slide) secara dasar adalah fungsi untuk menganimasi bagaimana slide berubah. Perubahan dari satu slide ke slide
lain adalah cara yang hebat untuk mendapatkan perhatian lagi. Tetapi melakukannya secara terus-terusan juga menyebabkan
kebosanan. Tetap gunakan grafik sederhana (atau tanpa animasi) untuk slide normal
dan letakkan transisi
animasi pada slide yang ingin kita fokuskan.
Pada PowerPoint 2007, hal
ini ditemukan pada tab animasi. Sedangkan pada 2016 mereka membuatkan tab baru untuk ini.
Slide Transition tidak memiliki banyak property. Properti
utama adalah animasi dan atributnya seperti
sound, duration, dan timing. Mari kita tambahkan
sebagian Slide Transitions pada presentasi kita.
1. Pilih Slide Agenda.
Biasanya anda tidak akan menambahkan slide transition pada judul karena
sebelum anda mulai presenasi sudah tayang. Pada tab Transition bukalah Transition to this
Slide Gallery.
2. Pilih animasi Shred. Hal ini akan mencacah slide ketika berpindah ke
slide lain. Animasi ini mempunyai empat opsi berbeda.
Opsi ini dapat ditemukan pda tab di bawah Effect
Options. Ketika anda klik pada fungsi sebuah kotak pilihan
akan muncul dengan
opsi. Pilih ParticlesIn.
3. Atribut di kanan membuat anda dapat menambah
suara dan memodifikasi durasi dari
animasi.
Jika anda ingin animasi menjadi lebih cepat kurangi waktu durasi. Fungsi Apply to
All akan emnambahkan slide transition
ke suma slide.
4. Advance Slide merujuk pada bagaimana cara anda berpindah slide. Ada dua
opsi yaitu on mouse click (saat klik) atau by time (berjalannya waktu).By
time biasanya digunakan
untuk memproduksi presentasi auto play/shows. Ulangi proses
untuk slide yang lain.
m.
Persiapan Slide Show
1.
Presenter View on Laptop/PC
2.
Projector/Screen View
Untuk menyalakan slide show cukup pilih kedua tombol ini. Anda juga dapat menyiarkan slide show anda melalui
internet. Tetapi siaran ini tidak mendukung banyak animasi atau suara. Biasanya
jika ada ingin menyiarkan slide anda dan melakukan presentasi anda bisa gunakan
Live Messenger (video
conference) bersamaan. Jika anda menggunakan
slide untuk
banyak presentasi dan tiap kali berbeda anda dapat membuat
custom slide show.
Tetapi slide tidak
dimodifikasi pada tiap presentasi dan hanya urutannya yang dimodifikasi.
Jika anda ingin membuat pertunjukan dilengkapi dengan
suara anda anda dapat menggunakan
fungsi Record Slide Show. Sambil bicara anda dapat menjalankan slide dan PowerPoint akan merekam anda dan aktivitas
presentasi. Dimana anda dapat membuat sebuah pertunjukan atau film. Jika andamengirimkan file pptx anda ketika mereka menjalankan slide mereka dapat mendengar suara anda.
n.
Presentasi
Ada
banyak cara untuk menerbitkan presentasi. Cara paling utama dan sering adalah menyimpan
dalam format PowerPoint. Hal ini mudah dicapai menggunakan fungsi Save/Sace As pada tab File.
Save As membuat anda dapat menyimpan
dile ke dalam berbagai bentuk
format. Mari kita lihat dua format yang paling umum, pdf dan jpg.
1. Ganti nama file menjadi save1. Lalu pada Save as type pilih PDF.
2. Di bawah ada tombol Option. Klik untuk membuka jendela Option. Ketika
anda menyimpan dalam bentuk PDF anda
memiliki banyak pilihan. Anda dapat menyimpan
setiap slide sebagai halaman atau pada format hand-out di mana terdapat
banyak slide pada satuhalaman.
3.
Ganti “Publish What” ke Handout. Ketika anda sudah melakukan ini opsi untuk memilih
berapa banyak slide per halaman akan tersedia. Tinggalkan pada 6 Slides per pafe. Jika anda memilih tiga slides per
page maka sebuah bagian catatan akan muncul pada bagian
kiti dari slides.
Tempat ini adalah untuk para hadirin membuat
catatn. Klok pada opsi yang lain jika anda ingin untuk memasukkan slide tersembunyi atau komentar. Lalu klik Ok
4. Jika anda menerbitkan secara online, anda dapat memilih minimum size
option pada bawah sehingga jika file
dibuat maka akan dibuat dengan ukuran paling kecil yang tersedia pada PowerPoint.
Ketika sidah siap tekan Save. Ketika sudah lengkap PDF akan terbuka untuk anda periksa.
o.
Menyimpan daalam format JPG
1.
Ganti nama file menjadi save1. Lalu pada Save as Type pilih JPG.
2.
Ketika anda sudah siap tekan Save. Hal ini kan menyimpan
slide ke dalam satu folder
bernama save1.
Dimana pada setiap slide akan dibuat menjadi
file gambar.
Jika anda sudah merekam presentasi
dengan suara, anda data membuat jumlah dari file yang dapat dimainkan termasuk
film.Semua ini adalah langkah untuk menyiarkan dalam bentuk
film. Hanya tersedia pada Office 2016.
1. Pada tab File pilih Export.
2.
Pada pilihan pilihlah Create a
Video. Di sebelah kanan akan menampilkan informasi tentang generasi video dan opsi. Anda dapat memilih tipe dari video yang akan ditampilkan dan apakah menggunakan timing yang sudah disiapkan dan narasi. Buatlah
pilihan anda lalu tekan Create Video. Tambahkan nama file dan
tekan save.
p. Mencetak Presentasi
1.
Pada tab File, pilih Print. Seperti
yang anda dapat lihat pada sisi kanan anda ada sebuah print preview presentasi anda.
2.
Langkah pertama adalah memilih
printer anda. Hal ini dilakukan pada Kotak Pilihan Printer. Pilih printer dengan klik padanya. Jika printer hanya mencetak hitam-putih print preview akan otomatis menunukkan hasil hitam putih.
3.
Selanjutnya pilih slide mana yang
akan dicetak. Lalu pilih Print Slide Layout. Sebuah galeri akan terbuka untuk anda pilih. Jika anda tidak yakin
cukup klik pada satu yang anda piker
cocok dan akan disajikan langsung pada sisi kanan layar anda. Ketika siap klik tombol Print.
4.
Pada PowerPoint 2007, jika anda ingin melihat pratinjau, pilihlah Print
Preview. Hal ini akan membuka sebuah
jendela preview. Jika anda ingin
mencetak pilihlah Print.
Hal ini kan membuka
jendela Print. Fungsi ini hanya tersedia dengan
cara klik logo Office.
5.
Opsi lain untuk mencetak adalah
membuat handout pada word. Opsi ini membuat kita dapat membuat handout
unik dengan modifikasi atau format yang dibutuhkan. Pada tab File pilih Export.
6.
Pada pilihan pilihlah Create a
Handout. Klik tombol Create a Handout. Hal ini akan membuka jendela Send to Mcrosoft
Word.
7.
Anda dapat memilih bervariasi
opsi. Pilihlah Blank Lines Next to Slides. Layout ini sama seperti yang kita kitim langsung dari PowerPoint dan pilihlah tiga slide per halaman. Ketika anda klik OK. Sebuah dokumen
word akan terbuat.
Rapikan lalu cetak
dokumen tersebut.
TUGAS
1. Buatlah presentasi (tema menggunakan master slide) berjumlah minimal
delapan slides tentang deskripsi
diri masing-masing, menggunakan gambar yang sesuai, efek themes berbeda,
efek transisi, efek animasi, serta efek suara (menjadi nilai tambah)
Jawab: 21330040-Ridwan-TGS-PR-PTI3-Biodata Google Drive: https://docs.google.com/presentation/d/1frPWKv-
PoyfeJz_xvlHBpEaDZ5CUAuFc/edit?usp=sharing&ouid=1079132194725261807
93&rtpof=true&sd=true
1. Kesimpulan
PENUTUP
Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi Informasi pada pokok
bahasan Microsoft PowerPoint, maka
dapat diambil kesimpulan:
a. Microsoft PowerPoint merupakan
salah satu aplikasi dari microsoft yang diperuntukkan sebagai media
presentasi.
Adapun saran untuk praktikum kali ini adalah:
a.
Untuk pelaksanaan praktikum mungkin
bisa dikirimkan terlebih dahulu file yang akan digunakan untuk praktikum,
b.
Lebih diringkas lagi materi yang
diberikan. c.
DAFTAR PUSTAKA
Putra, Jefri Andika. (2021).
PRAKTIKUM PTI 03 - Manajemen Presentasi Dokumen Dengan
PowerPoint. Yogyakarta.
Komentar
Posting Komentar